GROPYOK AN ” MBA TI DAN MAS KUS”

Mbah TI dan Mas KUS adalah pasangan serasi yang enjadi musuh utama para petani, he he.. jangan salah sangka dulu tentang  Mbah TI dan Mas KUS, bukan sesorang tapi melainkan mba Tikus dam Mas tiKUS. tikus memang sampai saai ini belum ada obat yang mujarap untuk memberantas, namun petani selalu ada inivasi inovasi untuk mengendalikanya. begitu pula para petani di Desa Pahesan Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.

Kegiatan pemberantasan hama tikus sering di lakukan oleh Kelopok Tani  Telogo Agung Pahesan, Karena untuk pmberantasan hama yang satu ini sampai saat ini belum di temukan cara yang jitu kecuali GROPYOK AN.

 

asa   kelompok tani akan memulai manam di lahan tersebut pada awal dan pertengahan April 2019.

“..Kita perlu mengantisipasi serangan hama tikus agar dapat dikendalikan melalui inisiatif melakukan gerakan massal pembersihan lahan dan pengemposan lubang-lubang tikus sebelum masa tanam…” kata Suparnoto sebagai Ketua Kelompok Tani Tlogo Agung.

Lanjutnya, gerakan Gropyokan Tikus akan dilakukan awal masa tanam. Kegiatan ini juga diikuti dengan pembersihan areal sawah dan saluran irigasi.

untuk menuju lumbung pangan dunia, permasalahan yang menjadi kendala adalah lahan pertanian dan ketersediaan air. Saat ini masih banyak sumber air yang ada tetapi belum dapat dimanfaatkan untuk kepentingan usaha tani, khususnya padi. Selain itu, hama tikus harus segera dibasmi dan dikendalilan secara rutin, supaya tidak mengganggu tingkat produktivitas tanaman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*