POSYANDU LANSIA

selain Posyandu Balita, yang di peruntukkan anak anak balita guna mendapatakan pelayanan kesehatan dan juga imunisasi, Juga terdapat POSYANDU LANSIA, yang ditujukan untuk para manula di desa Pahesan Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berupa cek kesehatan dan pemeriksaa berkala yang di lakukan Bidan Desa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kecamatan Godong.

Pos Pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut ini, sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Posyandu lansia / kelompok usia lanjut adalah merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau /UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 60tahun keatas.

Tujuan pembentukan posyandu lansia menurut Bidan Desa Ibu Nur Wakidah secara garis besar antara lain :
a. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia
b. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

adapun Sasaran Posyandu Lansia antara lain:
1. Sasaran langsung
Kelompok pra usia lanjut (45-59 tahun)
Kelompok usia lanjut (60 tahun keatas)
Kelompok usia lanjut dengan resiko tinggi (70 tahun ke atas)

  1. Sasaran tidak langsung
    Keluarga dimana usia lanjut berada
    Organisasi sosial yang bergerak dalam pembinaan usia lanjut
    Masyarakat luas.

kukan kegiatan penyuluhan atau konseling, disini juga bisa dilakukan pelayanan pojok gizi.

Jenis Pelayanan Kesehatan yang diberikan kepada usia lanjut di Posyandu Lansia seperti tercantum dalam situs Pemerintah Kabupaten Grobogan adalah:

  1. Pemeriksaan aktivitas kegiatan sehari-hari meliputi kegiatan dasar dalam kehidupan, seperti makan/minum, berjalan, mandi, berpakaian, naik turun tempat tidur, buang air besar/kecil dan sebagainya.
  2. Pemeriksaan status mental. Pemeriksaan ini berhubungan dengan mental emosional dengan menggunakan pedoman metode 2 (dua ) menit.
  3. Pemeriksaan status gizi melalui penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan dan dicatat pada grafik indeks masa tubuh (IMT).
  4. Pengukuran tekanan darah menggunakan tensimeter dan stetoskop serta penghitungan denyut nadi selama satu menit.
  5. Pemeriksaan hemoglobin menggunakan talquist, sahli atau cuprisulfat
  6. Pemeriksaan adanya gula dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit gula (diabetes mellitus)
  7. Pemeriksaan adanya zat putih telur (protein) dalam air seni sebagai deteksi awal adanya penyakit ginjal.
  8. Pelaksanaan rujukan ke Puskesmas bilamana ada keluhan dan atau ditemukan kelainan pada pemeriksaan butir 1 hingga 7. dan
  9. Penyuluhan Kesehatan.

“..Kegiatan Posyandu ini juga Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dengan memperhatikan aspek kesehatan dan gizi lanjut usia dan kegiatan olah raga seperti senam lanjut usia, gerak jalan santai untuk meningkatkan kebugaran, sudah masuk ke dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) ” unkap Kepala Desa Pahesan Kecamaytan Godong Bpak H Annaj Muts Tsaqib.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*