PAMSIMAS PAHESAN DAPAT GILIR BPKP

Hari ini Selasa 30 April 2019, bertempat di Balai Desa, Desa Pahesan Kecamatan Godong Kabuapetn Grobogan, Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP) melakukan pemeriksaan di Desa Pahesan khususnya dalam program PAMSIMAS.

Tim audit  BPKP melaksananakan kunjungan ke Desa Pahesan Kecamatan Godong Kab. Grobogan. Dalam kunjungan tersebut Tim Badan Pemeriksa Keuangan Pembangunan (BPKP)  disambut oleh Kepala Desa Pahesan Bapak H Annaj Muts Tsaqib beserta Perangkat Desa yang lai serta Badan Pengelola Sistem Penyediaan air Minum (BP SPAM) dan beberapa warga. Kepala Perwakilan dalam pengarahannya bahwa Program PAMSIMAS ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan penyediaan akses air minum dan sanitasi khususnya wilayah perdesaan dan daerah pinggiran perkotaan yang pelaksanaannya berbasis pemberdayaan masyarakat. Pemerintah sangat giat dalam melaksanakan kegiatan ini dengan target peningkatan yang cukup signifikan untuk akses air minum dan sanitasi yang layak dan secara bertahap telah meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Mungkin masih banyak desa yang belum terjangkau oleh karena itu proses pemilihan desa sasaran dalam program PAMSIMAS perlu dilaksanakan secara terbuka dengan melibatkan unsur masyarakat maupun asosiasi pemerhati lingkungan dan kesehatan.

Selanjutnya Tim BPKP meninjau langsung pembangunan fisik program tersebut dan langsung mewawancarai masyarakat mengenai hasil program, manfaat dan keberlangsungan Sarana Akses Air dan Sanitasi.

Dari hasil wawancara tersebut diperoleh kesimpulan bahwa program ini sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar. Hal ini terungkap dari pernyataan seorang warga menyatakan bahwa lebih senang menggunakan air dari saluran bak penampung program PAMSIMAS daripada selama ini mengambil air dari sungai. Antusiasme masyarakat juga tergambar dari partisipasi masyarakat selesai dibangun sejak tahun 2018.

saluran air minum sudah terpasang di rumah mereka bisa mengalir dan masyarakat bisamenikmati dan kewajiban mereka dalam hal pemeliharaannya.  

Hal lain yang disampaikan Kepala Perwakilan bahwa adanya kewajiban daerah dalam mempercepat jangkauan program PAMSIMAS terkait dengan penyediaan dana untuk program replikasi yaitu menambah pembangunan sarana yang sama pada desa lainnya yang jumlahnya tergantung kondisi fiskal daerah.

Pada akhirnya Kepala Desa Pahesan Bapak H Annaj Muts Tsaqib menyampaikan terima kasih kepada Kepala Perwakilan dan Tim atas kunjungannya, dan dengan kehadiran tim BPKP kami dapat mengetahui lebih jelas tentang program ini dan dapat melakukan hal apa yang menjadi kewajiban mereka demi kelancaran dan kelangsungan manfaatnya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*